Whatapps

Kamis, 16 November 2017

Lolos interview dengan magic


Lolos interview dengan Magic

Apakah anda pernah mengalami panggilan interview namun dipandang gagal dan tidak mendapatkan panggilan lanjutan?

Sebenarnya kalau dianalisa, penyebabnya ada 3 :
  1. Kemampuan komunikasi, adaptasi atau biasa disebut soft skill yang masih kurang, sehingga anda kurang mampu untuk menjual “diri anda
  2. Berdasarkan wawancara kemampuan teknis, pengalaman anda dirasa kurang untuk posisi tersebut.
  3. Ada kandidat lain yang lebih baik soft skill dan kemampuan teknis serta pengalamannya.
Saya punya pengalaman pribadi pernah bermasalah dengan percaya diri, kemampuan komunikasi dan juga kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain dan beberapa masalah lainnya dengan kata lain “Masalah pengembangan soft skill”
Sumber masalah saya waktu itu adalah :
  1. Ekonomi keluarga yang belum baik (kurangnya fasilitas seperti baju alakadarnya, tidak punya sepeda, motor yang tidak bagus, dan mobil tua yang digunakan) menyebabkan saya tidak pecaya diri.
“ Maaf mama papa bukan tidak bersyukur, anakmu ini hanya menceritakan kembali pikiran yang dulu pernah ada dalam benaknya”
  1. Dengan adanya masalah kepercayaan diri maka otomatis akan menciptakan jarak saya dengan orang2 yang ada di sekitar saya maka muncul yang namanya tidak mampu menjalin hubungan dengan orang lain dan tidak mampu berorganisasi.
  2. Dengan adanya masalah diatas mucul juga yang namanya kemampuan beradaptasi buruk.
Cukup deh sampai itu saja dulu, untuk masalah yang ada, kita masuk ke teorinya dulu ya…
Sejak lahir, setiap orang sudah memiliki bakatnya masing-masing dan bakat itu sendiri bisa dikategori seperti hobby yang mengantar bakatnya menjadi suatu hal yang luar biasa, seperti bakat bermain gitar, sepak bola dan lain sebagainya. Soft skill itu mirip sekali dengan bakat, hanya saja dalam bentuk yang berbeda. Soft skill, seperti layakya bakat, akan menunjukkan keterampilan yang dimiliki setiap orang dan harus dikembangkan untuk menemukan jati diri mereka. Soft skill itu sendiri harus dikembangkan, namun soft skill juga tidak akan berjalan sempurna apabila tidak di iringi dengan Hard Skill, begitu pun sebaliknya. Namun ada juga yang tidak akan mendapatkan soft skill dari dirinya sendiri apa bila dia tidak ada keinginan untuk berubah yang besar dalam hidupnya dari pola hidup yang buruk ke pola hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, Soft skill itu apa sih?
Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Soft skill menyangkut karakter pribadi seseorang yang dapat meningkatkan interaksi individu, kinerja pekerjaan dan prospek karir. Tidak seperti hard skill yang berkenaan dengan kemampuan menyerap ilmu atau keahlian dan kemampuan untuk melakukan jenis tugas atau kegiatan tertentu, soft skill berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk berinteraksi secara efektif dengan sesamanya  baik di dalam dan di luar tempat kerja.
Beberapa contoh Soft Skills yaitu:
1.    Kemampuan berkomunikasi
2.    Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain
3.    Menyelesaikan masalah & berpikir kritis
4.    Pendengar yang aktif
5.    Giat belajar
6.    Kemampuan berorganisasi
7.    Kemampuan mengolah waktu
8.    Profesionalisme
9.    Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi

Setiap jenis pekerjaan akan selalu memerlukan sebuah ketrampilan sehingga dapat dikerjakan dengan baik, mencapai target yang ditetapkan dan meraih tujuan akhir yang diinginkan. Keterampilan ini dikenal dengan Ketrampilan Teknis (Hard Skills) yang untuk memperolehnya diperlukan belajar dan berlatih dalam program pendidikan khusus. Selanjutnya dalam perkembangan berbagai jenis pekerjaan yang melibatkan banyak orang dengan kemampuan dan ketrampilan yang berbeda-beda, maka perlu ditunjang dengan ketrampilan lain yang dikenal dengan sebutan Soft Skills (Ketrampilan Non Teknis), sebuah ketrampilan yang sangat terkait dengan sikap dan perilaku untuk menghadapi orang lain untuk membantu pekerjaan. Lebih condongnya pengertian soft skill adalah sikap dan kebiasaan Anda dalam berinteraksi dengan orang lain.
      Soft skills tidak terlihat kasat mata dibandingkan kemampuan teknis, dan untuk memperolehnya Anda tidak serta merta harus mengikuti sebuah kelas pelatihan.  Anda dapat memperoleh soft skill melalui pengalaman disekolah, pengalaman hidup dan masa lalu, atau pengalaman dalam dunia kerja yang tengah dilakoni.  Pengalaman tersebut merupakan sebuah pembelajaran sangat berharga sehingga Anda dapat menjalani peran sebagai seorang professional yang tidak hanya handal dalam urusan teknis, namun sangat lihai berhubungan dengan orang lain.
Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
http://sriyuliani.staff.fisip.uns.ac.id/kuliah/apa-itu-soft-skills/

Dari kelemahan pasti ada kekuatan, nah walaupun banyak kelemahan, tapi ada kekuatan dari kondisi yang saya alami ini antara lain :
1.    Menjadi pendengar aktif (karena saya tidak mampu untuk mengambil tindakan, untungnya dibenak saya selalu timbul rasa penasaran dan ingin tahu, maka saya sangat banyak mendengarkan pengalaman orang lain, cerita,curhatan dsb.
2.    Setelah menjadi pendengar yang baik, pasti donk dimintai pendapat dan saat inilah yang membentuk saya untuk dapat berfikir kritis dari semua sumber informasi yang saya dapatkan dan dapat memberikan solusi untuk suatu permasalahan.
Oke, singkat cerita dengan segala kelemahan yang saya miliki, saya masuk kesebuah universitas di Yogyakarta. Di kampus inilah saya bertemu berbagai karakter manusia,(namun masih terkungkung dalam tempurung tidak percaya diri)
Titik balik perkembangan diri saya terjadi pada saat saya mengenal sulap(magic) dan hypnosis, waktu itu saya membaca buku pak Hisyam A Fahmi mengenai hypnosis dan tarot yang membuka mata saya mengenai psikologi manusia dan psikologi kelompok.

Saya mengajak anda untuk mengenal sulap terlabih dahulu:
Sulap terdiri dari :       
1.    Trick (kemampuan teknis)
Kemampuan sesorang untuk dapat mengubah kartu, memunculkan bunga dsb..
2.    Presentasi / Meaning
Kemampuan seseorang untuk dapat menjelaskan/mempresentasikan makna dari permainan sulapnya, menyisipkan pesan moril yang positif untuk audiencenya, mendapatkan kepercayaan audiencenya.dengan kata lain adalah (soft skill)
Untuk trik sulap dan meningkatkan softskill sampai bisa lolos interview :

Gratis, Trik sulap dan presentasinya

Untuk mendapatkan ebook memanfaatkan sulap untuk meningkatkan softskill email ke Sugeng.haribowost@gmail.com


3 komentar:

  1. Ayo, yang ingin sharing pengalaman atau butuh masukan langaung di kolom comment saja ya

    BalasHapus
  2. boleh juga metodenya mas Sugeng, berhubung pernah jadi korban sulap mas sugeng, pengen tau juga caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, kok korban se mb, cerita donk gmn perasaan waktu orang nunjukin sulap, dan setelahnya apakah menjadi lebuh akrab? interest? atau gmn?
      soalnya sy nulis ini juga dari lihat postingan beberapa temen yang sedang mengalami fase gagal interview, mungkin gagal menjual "dirinya" se mb

      Hapus